Leave a comment

Kawasan Stasiun Brumbung

Kenapa Harus Stasiun Brumbung?

Kawasan Stasiun ini kini mengalami kondisi lingkungan yang tidak terawat dengan baik, jika diistilahkan kawasan stasiun ini merupakan kawasan terdegradasi yang mulai tidak diperhatikan masyarakat keberadaannya. Padahal stasiun ini memiliki peranan penting dalam sistem transportasi di Kecamatan Mranggen khususnya. Dengan kondisi lingkungan yang tidak terawat dan tidak ada sesuatu yang menonjol dari kawasan ini, menjadikan kawasan ini tidak diperhatikan oleh warga sehingga sepi ketika pagi sampai malam hari. Dengan kondisi sepi seperti inilah menjadikan kawasan ini menjadi kegiatan prostitusi. Untuk itu, dengan Konsep Urban Catalyst ini ingin menghidupkan kawasan ini dengan penmbahan fasilitas – fsilitas baru yang mampu menarik masyarakat datang. Dengan hidupnya kawasan Stasiun Brumbung ini diharapkan mampu menjadi katalisator perkembangan Kecamatan Mranggen khususnya dan Kabupaten Demak umumnya.

Apa yang Ada Pada Kawasan Stasiun ini?

Stasiun Brumbung merupakan satu – satunya stasiun yang terdapat di Kabupaten Demak. Stasiun Brumbung merupakan stasiun kelas II yang berfungsi sebagai stasiun operasional. Stasiun operasional adalah adalah stasiun yang penggunaannya masih aktif yang masih dilewati oleh kereta api. Secara spesifik lagi stasiun ini merupakan stasiun pulau dimana memiliki fungsi sebagai pemisah rel kereta yang menuju kereta Jawa Timur dengan kereta yang menuju Jawa Tengah. Stasiun ini juga memiliki fungsi sebagai tempat sementara memberhentikan kereta yang akan bersimpangan dan mengatur kereta agar tidak bertabarakan.

  

Stasiun Brumbung

Menara sinyal masuk di Stasiun Brumbung yang menandakan batas dari Stasiun ini

Stasiun ini memiliki kegiatan menaik dan menurunkan penumpang dimana terdapat kereta feeder yang dapat mengangkut penumpang menuju Stasiun Bojonegoro di pagi hari dan menuju Stasiun Poncol Semarang di sore hari. Untuk lebih jelas tentang jadwal kereta yang ada di stasiun ini dapat dilihat di bawah ini:

Jadwal kereta api Stasiun Brumbung

Berikut adalah berbagai fasilitas yang disediakan di stasiun brumbung adalah sebagai berikut:

  1. Fasilitas Ruang Tunggu Penumpang

Di tempat ini disediakan tempat duduk-duduk untuk penumpang. Tempat duduk yang ada selama ini jumlah yang disediakan masih sangat kurang memenuhi.

Fasilitas Tempat Duduk


  • Fasilitas Toilet dan Mushola

Jumlah fasilitas toilet dan mushola yang terdapat di Stasiun Brumbung hanya terdapat satu saja. Keberadaan toilet yang hanya satu buah ini dirasa belum cukup bagi penumpang dan pengunjung. Selain itu, arah untuk menuju toilet maupun mushola pun tidak jelas.

Fasilitas Toilet dan Musholla

  • Fasilitas Parkir

Fasilitas parkir yang disediakan di Stasiun Brumbung tidak disediakan secara khusus. Kondisi parkir yang ada pun masih buruk dan tidak ada pembatas untuk menaruh kendaraan. Selain itu tidak disediakan parkir untuk mobil. Terdapat beberapa motor yang parkir di dalam stasiun.

Fasilitas Parkir

Parkir Kendaraan Bermotor di Dalam Stasiun


  • Fasilitas Penerangan

Fungsi penerangan di Stasiun Brumbung maupun di sekitarnya  sangat penting dikarenakan aktifitas kereta di sekitar stasiun ini ramai pada saat malam hari. Kondisi penerangan  yang ada sangat kurang sehingga tempat ini sangat gelap. Selain itu akses untuk menuju stasiun pada malam hari akan lebih sulit dikarenakan tidak terdapat penerangan di akses masuk Stasiun Brumbung.

Fasilitas Penerangan di stasiun Brumbung


A.      Kawasan permukiman Sekitar Stasiun Brumbung

Warga masyarakat di permukiman tersebut tidak terlalu merasa terganggu dengan keberadaan Stasiun Brumbung. Di permukiman ini pun terdapat rumah dinas yang dikhusukan untuk pekerja yang bekerja di Stasiun Brumbung. Namun, rumah Dinas sudah tidak difungsikan secara maksimal.

Permukiman di Kawasan Stasiun Brumbung

 

B.      Kawasan Industri

Terdapat dua gudang penyimpanan besar yang berbatasan langsung dengan stasiun disebelah barat dan timur. Kedua gudang ini dulunya menggunakan rel kereta api untuk digunakan untuk pengangkutan barang sehingga diletakan dipinggir rel.  Gudang yang terdapat di kawasan penyimpanan untuk PT. Holcim serta gudang penyimpanan gudang pupuk. Untuk gudang penyimpanan pupuk sudah tidak berfungsi lagi  saat ini. Untuk gudang penyimpanan PT. Holcim saat ini masih berfungsi. Keberadaan Stasiun brumbung bagi PT.Holcim merupakan fasilitator. Hal ini dikarenakan kereta api digunakan sebagai transportasi utama dalam pengakutan sumber dan hasil  produksi.

Gudang Penyimpanan Kawasan Stasiun Brumbung

C.     Kebijakan di Stasiun Brumbung

Untuk saat ini, kebijakan dari PT KAI Stasiun Brumbung merupakan stasiun yang berfungsi sebagai stasiun barang dan penumpang. Prioritas utama dalam rencana pengembangan dari PT KAI adalah penambahan jalur ganda pada jalur kereta api Semarang – Surabaya.  Kebijakan lain yang terkait dengan pengaturan lahan PT KAI yang disewakan untuk pihak lain, telah ditangani oleh perusahaan asset  dalam hal sewa menyewa.

Mengenai kebijakan yang terkait dengan penambahan fasilitas pihak KAI belum memiliki rencana khusus. Selama ini fokus pengembangan KAI masih pada jalur kereta dan penyediaan kereta api. Namun jika dari pihak Stasiun Brumbung memiki gagasan atau inisiatif untuk diberi suatu taman, maka gagasan itu akan dipertimbangkan oleh pihak pusat PT KAI.


 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: